Ini Dia Jawabannya Honda Brio Kalahkan Pasar Avanza

Honda Brio merupakan city car berkapasitas lima penumpang. Meski begitu, mobil mungil ini penjualannya sangat tinggi, bahkan bisa melebihi penjualan mobil low MPV tujuh penumpang, Toyota Avanza, yang notabene selalu menjadi mobil terlaris setiap tahunnya. Apa kunci keberhasilan Honda Brio?
Sebagai informasi, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Honda Brio berhasil mengalahkan Toyota Avanza di tahun 2022 lalu. Data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) mencatat penjualan Brio mencapai 61.025 unit, sementara Toyota Avanza terjual 60.624 unit.
Itu bukan kali pertama Brio mengalahkan penjualan Avanza yang notabene berstatus sebagai mobil sejuta umat di Indonesia. Pada masa pandemi COVID-19 tahun 2020 silam, Brio juga sukses menjadi mobil dengan penjualan wholesales terbanyak, yakni 36.512 unit, diikuti Suzuki Carry (33.407 unit) dan Toyota Avanza (31.883 unit).
Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM (Honda Prospect Motor) Yusak Billy menjelaskan alasan mengapa Honda Brio bisa begitu laris, dan bisa mengalahkan penjualan mobil-mobil 7-seater di Indonesia. Menurut Billy, Brio banyak diminati kalangan entry level atau konsumen yang baru pertama kali membeli mobil.
“Brio ini kan diminati banyak sekali di entry level ya. Jadi orang pertama kali punya mobil, first time buyer, banyak beli Brio, terutama Satya. Orang yang dari kendaraan umum, dari roda dua (banyak yang membeli Brio),” kata Billy kepada wartawan di Jakarta, Jumat (5/5/2023).
“Terutama saat masa pandemi (COVID-19) naik kendaraan umum kan bikin orang khawatir. Jadi mereka benar-benar cari mobil yang harganya terjangkau, kualitasnya baik dan perawatan mudah, termasuk bahan bakar irit, nggak khawatir dengan layanan purnajualnya, dan mobil itu memiliki desain stylish dan sporty,” sambung Billy.
“Jadi menggaet customer-customer first buyer itu kita perlu. Kalau (mobil) 7-seater itu kan lebih ke mobil keluarga, dan itu ada first time buyer-nya juga. Memang kalau dilihat dua kota di luar Jawa itu first time buyer-nya sangat besar, kita harus tangkap itu. Apa sih yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen, itu harus kita hadirkan,” jelasnya.
Di tahun 2023 ini, Brio juga masih menjadi salah satu mobil yang diminati konsumen Indonesia. Pada kuartal pertama 2023, Brio berhasil menjadi mobil terlaris dengan angka penjualan 7.327 unit, diikuti Toyota Avanza di posisi kedua dengan penjualan 5.641 unit.
Sumber :